Kamis, 22 September 2016

[Resep] Asem-Asem Ayam

Suatu hari saya silaturahim ke rumah teman di sekitar Jakarta Selatan, disana saya disuguhi asem-asem ayam. Sebelumnya saya hanya pernah coba asem-asem tetelan daging buatan ibuk, bikinnya juga gak sering, waktu wajib adalah hari raya idul adha, dimana stok daging berlimpah ruah. Asem-asem ayam ternyata tak kalah segar dengan asem-asem daging, bedanya cuma kegurihannya, tetelan kan ada sum-sum tulang yang tak bisa terkalahkan kenikmatannya. 

Karena saya ingin sekali mencoba, maka saya cari di website maupun cookpad, baca-baca resep seputar asem-asem ayam. Akhirnya saya eksekusi juga, pertama kali ngolah saya pake ayam dengan potongan ayam goreng, ukurannya lumayan besar. Kemudian suami minta dipotong kecil-kecil, percobaan kedua dan selanjutnya saya potong kecil-kecil dengan bantuan abang sayur komplek. Menu ini bisa ditambah dengan sayur wortel, buncis atau apapun yang disuka. Bahkan tetangga saya menambahakan daun kemangi dalam menu ini, saya sendiri belum pernah mencoba.

Nah, ini resep yang saya pakai, sangat sederhana dan bahannya sangat standar ada di dapur.

Bahan :
- 1/2 potong ayam, potong kecil-kecil
- 2 buah wortel, potong kecil
- buncis, potong kecil
- 5 bawang merah, rajang halus
- 2 bawang putih, cincang halus
- cabe rawit merah, iris, atau biarkan utuh
- 2 lembar daun salam
- 1 ruas lengkuas
- 2 buah tomat sayur
- 2 sdm air asam jawa
- garam sckp
- gula pasir sckp
- kecap sckp
- 2 sdm minyak goreng untuk menumis
- 750 ml air
- jeruk nipis

Cara membuat :
  • Cuci bersih ayam yang sudah dipotong, tambah 1 sdm garam dan 2 sdm air jeruk nipis, remas-remas, biarkan 15 menit, cuci bersih.
  • Didihkan air, rebus ayam yang sudah dicuci bersih hingga matang, bersihkan kotoran di permukaan kaldu.
  • Panaskan minyak, masukkan bawang merah, bawang putih, tumis hingga harum. Tambahkan cabe, daun salam, lengkuas, tumis sebentar.
  • Masukkan ayam yang sudah direbus, tumis sebentar hingga agak sedikit coklat, tambahkan kaldu ayam
  • Masukkan wortel dan buncis, setelah agak empuk, tambahkan air asam jawa, garam, gula pasir dan kecap, cicipi rasa.
  • Tambahakan tomat sayur, matikan api.

Santap selagi hangat bersama sepiring nasi, selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar