Sabtu, 21 Januari 2017

Liburan Hemat Ala Saya

Setiap individu pasti suka travelling, iya gak? Hayo ngaku.. Saya juga suka, apalagi kalau gratisan hehe... Tapi kalau mau gratisan, harus sabar menunggu keberuntungan berpihak pada kita dan seberapa besar kita berusaha. Liburan itu semacam kebutuhan rohani buat pribadi. Jadi luangkanlah waktu untuk itu, biar ndak stress sama aktivitas yang monoton. Nah, hal yang jadi masalah adalah biaya, Transportasi, akomodasi, makanan, jajanan, syalalala, pokoknya bikin pusing. Disini saya akan sharing tentang liburan yang dicoba untuk hemat.

  • Menabung
Saya bukan ahli dalam mengatur pengeluaran keuangan, tapi saya sarankan untuk menyisihkan tabungan anda untuk jatah liburan. Apalagi kalau sudah mempunyai impian lokasi liburan. Sehemat-hematnya liburan pasti akan lumayan menguras kantong, yang penting jangan sampai kosong, makanya kita harus rajin nabung.
  • Riset
Saya paling suka baca blog Travelling, isinya ya pengalaman mereka tentang liburan. Entah di dalam atau luar negeri. Di sana mereka akan sharing mengenai biaya dan akomodasi, serta tempat wisata yang dikunjungi. Dari sini kita bisa belajar tentang banyak hal. Banyak-banyak googling saja, jadi kita punya gambaran mengenai tempat wisata yang akan kita tuju. Atau kalau ada teman yang sudah pernah ke tempat tujuan wisata yang dituju, segera wawancara, dan gali sebanyak-banyaknya informasi yang dibutuhkan.
  • Persiapkan Bekal
Saya selalu bawa kurma kalau lagi jalan-jalan. Takut kelaparan, karena saya gak tahan lapar. Biasanya sudah saya pak di plastik klip kecil biar lebih mudah mengambilnya. Selain itu juga roti sobek manis, cokelat atau wafer cokelat. Ini hanya untuk antisipasi kalau lagi lapar banget dan belum nemu tempat makan yang pas, baik masalah harga, rasa dan status kehalalannya.

Untuk yang mau ke luar negeri dimana biaya hidup yang cukup mahal bisa bawa mi seduh atau mie instan atau bahkan magicom. Saya sendiri belum pernah membawa magicom, hanya membaca dari pengalaman blogger saja, terutama jika liburannya satu keluarga ke negeri Eropa sana. Saya hanya membawa mi seduh untuk menjaga stabilitas perekonomian.

Bisa juga bawa bekal air minum untuk menghemat pengeluaran. Kalau di Singapura kemarin saya bawa botol air minum, karena katanya disana ada semacam kran air minum gratis di beberapa tempat wisata. Jadi tinggal diisi ulang saja. Tapi kemarin saya cuma nemu di bandara, lainnya saya isi ulang dari tempat penginapan.
  • Waktu Liburan
Pilih waktu liburan yang tepat, kalau bisa waktu low season. Sehingga harga tiket tidak melambung tinggi, juga lokasi wisata yang tak terlalu ramai. Tapi waktu low season juga ada kendalanya, tapi peluangnya kecil, terkadang sedang direnovasi atau wisata tutup karena ada maintenance.
  • Persiapkan Tiket
Kalau bisa beli tiket jauh-jauh hari, ini cukup susah bagi pekerja, tapi pintar-pintar bagi waktu saja ya. Kalau masih ada jatah cuti, potonglah sedikit. Beli tiket ketika ada promo, baik pesawat maupun kereta. Saya biasa beli tiket kereta di Tiket.com, di waktu tertentu terkadang ada potongan 20k tiap transaksi tanpa minimal pembelian. Kalau tiket pesawat bisa langganan newsletter maskapai penerbangan. Atau rajin-rajin cek website atau aplikasi, terkadang ada tiket harga miring yang tercantum. Kalau ini faktor luck aja sih.
  • Persiapan Fisik
Kalau mau liburan hemat, harus rela capek dan jalan jauh. Atau korting waktu istirahat yang cukup banyak, karena biasanya kita akan berangkat pagi dan pulang malam. So, harus rajin olah raga sebelum liburan, biar tubuh gak kaget sewaktu liburan apalagi sakit, big no. Bisa dengan meningkatkan itensitas jalan kaki setiap hari atau lari-lari kecil keliling kompleks, 15 menit hingga 30 menit aja sudah cukup kok. Juga bawa vitamin C atau obat-obatan herbal, untuk menjaga daya tahan tubuh saja sih.

Itu sedikit tips liburan ala saya, kalau ada tambahan bisa komentar di bawah ya..

Happy Travelling :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar