Rabu, 13 Januari 2016

Resolusi Sehat 2016

Semangat baru menyambut tahun baru. Tahun ini saya akan bertekad menjadi sosok yang lebih sehat. Karena sehat adalah nikmat paling berharga dalam hidup ini. Maka kita wajib untuk menjaganya. Tagline saya tahun ini untuk menjaga kesehatan adalah ‘Terapkan hidup sehat, lebih baik mencegah daripada mengobati.” Setiap orang pastinya tidak menginginkan keadaan sakit, oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan dengan baik. Tidak susah kok, ini beberapa list yang saya coba terapkan dalam keseharian saya.
  • Bangun pagi 
Dengan membiasakan bangun pagi, tubuh kita jadi lebih segar, lebih siap untuk beraktivitas dan bisa merencanakan apa yang akan kita lakukan 24 jam ke depan.

  • Rutin Olahraga
Tahun kemarin sudah menjadi tekad saya untuk berolahraga, tapi belum tercapai karena belum rutin. Walaupun sudah ada kemajuan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini harus lebih baik lagi. Minimal setiap minggu harus lari pagi, sekedar keliling kompleks, atau pergi ke taman kota untuk jogging sama teman. Sebulan 2 kali dijadwalkan ikut senam, entah itu senam jantung sehat atau aerobik. Belajar mengenai senam cardio, kenapa? Tahun lalu sempat merasakan yang namanya nyeri dada, tiba-tiba merasakan sakit di sekitar dada sebelah kiri. Bikin parno deh, langsung periksa ke dokter dan minta di EKG. Hasilnya alhamdulillah baik-baik saja. Tips dari dokter agar rutin olah raga, dianjurkan ikut renang juga. Tapi kan saya tidak bisa berenang. Boleh lah salah satu list saya, belajar berenang. Yang pasti saya harus menguatkan otot jantung saya, supaya tidak mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan.

  • Makan tepat waktu 
Makan adalah kebutuhan primer manusia, jadi kita wajib makan dan tepat waktu. Walaupun kita tidak ingin makan, tubuh kita butuh makan. Makanya ada jam makan, yaitu makan pagi, siang dan sore. Ingat bahwa asam lambung terus berproduksi pada jam-jam kita butuh makanan. Kalau tidak ada makanan asam lambung akan memproses apa? Yups, mukosa lambung kita, yang bisa menyebabkan iritasi pada lambung, makanya kita harus makan tepat waktu agar asam lambung yang dihasilkan akan memproses makanan yang kita makan, sehingga menghasilkan energi untuk kegiatan kita sehari-hari. Jangan sampai malas makan ya.

  • Kurangi Lemak Jenuh 
Saya sangat menyukai makanan yang enak, seperti kepala ayam (terutama otaknya), sop daging (lumayan banyak gajihnya), hati ayam/sapi, udang, kepiting, dan masih ada beberapa lainnya. Semua makanan tersebut adalah makanan jahat, karena mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Sangat tidak bagus untuk kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus menerus. Oleh karena itu, saya bertekad untuk mengurangi konsumsi makanan yang saya sebutkan di atas. Minimal satu bulan sekali saja makan makanan lemak jenuh. Ingat ya, jangan pernah memanjakan lidah, enak di mulut belum tentu enak di tubuh.

  • Perbanyak konsumsi serat­­ 
Salah satu sumber serat adalah sayuran, saya jarang memasukkan menu tersebut dalam keseharian saya. Ini yang harus diperbaiki. Setiap hari harus ada menu sayur, tidak boleh tidak. Selain sayur, buah juga termasuk sumber serat. Syukur saya lumayan rutin konsumsi buah, walaupun belum tiap hari, tahun ini semoga bisa tiap hari konsumsi buah. Serat penting untuk kesehatan supaya usus kita bersih dan sehat, pencernaan pun lancar.

  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana 
Saya adalah penyuka manis, mulai dari cake, wafer, cokelat, brownies dan teman-temannya. Memang tidak setiap hari saya konsumsi, tapi lumayan sering. Dan lagi nenek saya penderita diabetes, artinya saya berisiko lebih besar terkena diabetes. Jadi saya harus mulai menjaga makanan saya sedari sekarang. Mulai mengurangi makanan manis dan menerapkan pola hidup sehat.

  • Mencapai Berat Badan ideal 
Status gizi saya masih kurang lho.. Makanya saya harus program diet untuk menaikkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal. Dengan cara apa? Makan sesuai kebutuhan dan tinggi protein, tapi tetap memperhatikan menu seimbang ya.. Jangan asal makan banyak, terus menunya gorengan. Perbanyak protein yang rendah lemak. Dan mulai latihan fisik untuk meningkatkan massa otot.

  • Istirahat cukup 
Tidak boleh begadang atas hal-hal yang tidak berguna. Biasakan tidur sebelum jam 10 malam, agar istirahat cukup, kurang lebih 6-8 jam, dan yang pasti agar bisa bangun lebih awal.

  • Konsumsi air putih cukup 
Air merupakan komposisi terbesar dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, kita wajib konsumsi air putih, rata-rata 8 gelas per hari ya. Sesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Perhatikan juga air putih yang akan kita konsumsi, apakah sudah bersih atau tidak.

  • Berpikiran positif dan selalu tersenyum 
You are what you think.. Mari menanamkan mindset positif dalam diri sendiri, hingga kita bisa memancarkan aura positif dalam keseharian kita. Selain itu mari membudayakan untuk tersenyum sehingga bisa memancarkan energi positif untuk sekitar..


Yuk biasakan hidup sehat...


Keep Healthy, be happy :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar