Kamis, 15 Juni 2017

Yuk, Maksimalkan Fungsi Gadgetmu di Bulan Ramadhan

Gadget sudah semacam kebutuhan primer di era sekarang.  Barang wajib yang harus dibawa kapan pun, kemana pun, tak mengenal usia dan gender. Susah sekali rasanya lepas dari gadget, ini merupakan barang yang tak boleh ketinggalan. Saya pun seperti itu, sudah semacam amplop sama perangko yang nempel terus. Sekarang pun, pasti kalian sedang asyik memegang gadget dengan fungsinya masing-masing. Entah membaca artikel, main game, update sosial media, belajar sesuatu, bayar tagihan dan masih banyak lainnya. Iyups, gadget memang multifungsi, dengan fitur gadget yang mumpuni, kita bisa melakukan apa pun. Gadget memang sangat membantu kehidupan kita apabila difungsikan dengan semestinya.

Nah, memasuki bulan Ramadhan ini, yuk kita lebih maksimalkan fungsi gadget, terutama smartphone kita, agar mendapatkan berkah Ramadhan, juga memudahkan kita untuk memaknai Ramadhan yang lebih bermanfaat. Berikut tips pemanfaatan gadet khususnya smartphone ala saya :

1. Belanja Keperluan Ramadhan dan Lebaran

Menjelang Ramadhan keinginan belanja berlipat ganda, iya gak sih? Apa saya saja yang hobi belanja? hehehe Mulai dari bahan pangan untuk Ramadhan juga lebaran hingga persiapan menyambut lebaran, mulai dari printilan alat masak, toples hingga set baju baru.

Kalau saya sendiri lebih suka belanja online, karena mudah dan lebih hemat kalau sedang ada promo diskon. Saya kurang begitu suka belanja offline karena macet di jalan juga antri di kasir, apalagi kan waktu Ramadhan, sedang puasa, jadi benar-benar menguji kesabaran. 

Jadinya saya lebih banyak belanja online. Salah satu e-commerce langganan saya ya Elevenia. Aplikasinya juga sudah nangkring manis di gadget saya. Di bulan Ramadhan ini banyak sekali promo yang ditawarkan oleh elevenia. Harga super miring juga ada promo diskon berlimpah. Makanya memang suka sekali belanja di sana, apalagi ada promo free ongkir dengan minimal belanja tertentu, tergantung dari penawaran merchant.

2. Info Adzan

Entah mengapa selalu ada pertanyaan mengenai waktu adzan di sela-sela percakapan kami. 

“Waktu ashar jam berapa ya?”

“Dhuhur kapan ya?”

"Maghrib berapa menit lagi?"

Begitu seterusnya, kan ribet ya kalau setiap waktu harus googling waktu adzan. Sebenarnya untuk apa sih mempertanyakan waktu adzan? Yang pasti untuk bersiap ibadah, jadi bisa istirahat sejenak dari rutinitas duniawi. Mendekatkan diri kepada Sang Illahi.

Makanya saya instal aplikasi waktu sholat di gadget saya. Dengan adanya aplikasi ini saya tinggal cek kapan waktu adzan, juga ada pengingat ketika memasuki waktu sholat, jadi kita bisa langsung bersiap untuk beribadah. Di sana juga ada fitur bermanfaat lainnya, yaitu Asmaul Husna, doa-doa dan dzikir.

3. Mengaji 

Di bulan ramadhan ini, pahala membaca Al-Qur’an dilipatgandakan. Pasti semakin semangat dong ya untuk meningkatkan frekuensi mengaji. Untuk menunjang hal tersebut, baiknya kita menginstal aplikasi Al-Qur’an di gadget masing-masing, jadi bisa mengaji kapan pun di mana pun. Sembari menunggu antrian, sembari duduk di kereta atau di bus. Pasti gak mau kan ya waktu kita sia-sia begitu saja.

4. Mendengarkan Ceramah dan Murottal

Ramadhan paling asyik itu mendengarkan ceramah dan ayat suci Al-Qur’an, hati dan pikiran jadi adem. Aktivitas ini membuat rohani menjadi tersiram kembali dengan ilmu yang bermanfaat. Kalian bisa download mp3 murottal atau mendengarkan ceramah via youtube.

5. Inspirasi Menu Buka dan Sahur

Di setiap harinya, saya tuh selalu kepikiran mau masak apa. Maklum lah lah ya full time wife yang kerjaannya di rumah, jadi mikirnya masih seputar dapur, hehe

Nah, gadget ini sangat membantu saya untuk mendapatkan inspirasi memasak. Mau cari resep apa pun pasti ada, tinggal memasukkan keyword. Daaaan, cling cling cling, inspirasi menu masakan akan berserakan, tinggal mau memilih yang mana. Saya sendiri sih, sudah memiliki website favorit yang dijadikan acuan memasak. Karena menu yang diposting pemilik blog tersebut sudah teruji coba, dan memang disukai oleh banyak pembaca, juga di-recook oleh banyak orang. Jadi risiko gagalnya lebih minim gitu.

6. Dokumentasi

Generasi millenial mana yang tak suka foto-foto, sekedar selfie atau wefie untuk koleksi pribadi atau share di sosial media. Momen kebersamaan Ramadhan dan Lebaran pasti momen yang ditunggu-tunggu, dimana semua keluarga berkumpul untuk silaturahmi. Saatnya untuk mendokumentasikan dengan gadget kamu.

Gadget memang banyak sekali manfaatnya jika kita menggunakannya dengan bijak. Waktu Ramadhan pun semakin bermakna ditemani gadget kesayangan, tak melulu posting status media sosial yang gundah gulana atau menyimak akun gosip apalagi akun mantan (oopss). Yuk, maknai Ramadhan, Bulan yang penuh berkah dengan aktivitas yang bermanfaat dengan gadgetmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar