Jumat, 16 Juni 2017

Tips Sehat Selama Ramadhan

Bulan Ramadhan sudah tiba, bulan yang dinanti oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia, dan kita diwajibkan untuk berpuasa. Agar tetap sehat selama Ramadhan tiba, kita harus menjaga gaya hidup sehat dalam keseharian kita. Dengan tubuh yang sehat kita bisa leluasa memaknai Ramadhan dengan aktivitas yang bermanfaat.

1. Jangan makan secara berlebihan waktu berbuka

Kebanyakan dari kita, sering kalap ketika waktu buka puasa tiba. Apa saja disantap, gorengan, es buah, kurma, dilanjut dengan makan nasi. Hal ini berakibat pada perut yang terlalu penuh, sehingga untuk melakukan ibadah pun susah, juga tak baik untuk tubuh. Konsumsi makanan secara berlebihan ini bisa menaikkan berat badan secara drastis.

2. Jangan meninggalkan sahur

Jangan pernah meninggalkan sahur dengan alasan mengantuk, malas, atau apapun. Sahur adalah pengganti sarapan, jadi sangat penting untuk tubuh. Dengan sahur tubuh akan mendapatkan energi baru dari makanan yang dikonsumsi, sehingga tetap menjaga tubuh kamu tetap fit selama berpuasa.

3. Perhatikan makananmu

Makan adalah kebutuh primer manusia, karena sedang berpuasa, kita juga harus menjaga pola makan, agar tubuh tetap sehat. 
  • Buah dan sayuran
Konsumsi buah saat berbuka memang sangat dianjurkan, karena buah ini merupakan sumber gula alami yang bagus untuk mengembalikan cadangan gula yang menurun setelah berpuasa. Salah satu buah yang wajib ada saat Ramadhan adalah kurma. Saya biasa membelinya secara online, karena memang lebih murah dengan adanya promo. Kalian bisa membelinya di lazada, cari di kolom pencarian dan ketik kata kuncinya, beragam jenis kurma akan muncul, pilih yang kalian sukai. Kurma mengandung serat, yang bagus untuk pencernaan juga kaya akan mineral magnesium dan kalium.


Untuk sayuran ini juga hal wajib, karena sumber serat yang sangat bagus untuk pencernaan. Dengan konsumsi sayur dan buah yang cukup, kita akan terhindar dari konstipasi atau gangguan pencernaan lain.
  • Kurangi makanan manis dan berminyak
Makanan manis ini jika dikonsumsi secara berlebihan akan diproses secara cepat oleh tubuh, karena bentuknya yang sederhana. Hal ini menjadikan gula cepat lenyap di dalam tubuh dan kita akan menjadi cepat lapar. Selain itu konsumsi gula secara berlebih akan meningkatkan berat badan.

Makanan berminyak ini sumber lemak yang tidak baik untuk kesehatan, selain itu makanan berlemak ini akan sulit dicerna oleh tubuh. Baik ketika berpuasa atau tidak, kita dianjurkan untuk menghindari makanan berminyak karena jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Padahal sejak saya kecil, suguhan berbuka pasti gorengan berlimpah. Kebiasaan ini memang harus dirubah, agar terhindar dari penyakit dan tetap sehat. Mulai sekarang ubah metode pemasakanmu, cukup direbus, dikukus, dipanggang atau ditumis saja.

4. Penuhi kebutuhan cairan

Setelah seharian berpuasa tubuh kita berisiko kekurangan cairan tubuh. Sebagian orang mungkin tidak menyadarinya, apalagi bagi individu yang jarang minum air putih. Jadi konsumsi air ini penting sekali, jangan sampai lupa apalagi malas ya. Apalagi sedang berpuasa, konsumsi air harus dicukupkan secara maksimal. Kebutuhan cairan dalam sehari itu kurang lebih 2 liter atau setara dengan 8 gelas. Nah selama buka puasa hingga sahur, sebaiknya kamu minum air sebanyak itu ya. Agar tubuh terhidrasi dengan baik, puasa pun lancar, tubuh juga selalu fit selama Ramadhan.


Dan lebih baik menghindari kafein yang terkandung dalam kopi, teh, minuman soda atau makanan/minuman lainnya, karena kafein ini dapat menyebabkan diuretik yang berisiko terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan) di dalam tubuh.

5. Istirahat cukup

Beberapa individu akan mengalami perubahan waktu istirahat, karena waktu sahur, walaupun sebagian yang lain sudah terbiasa. Jadi cukupkanlah waktu istirahat, tidur lebih awal dan jangan begadang. Misal jam 2 dini hari baru tidur, hal ini pasti akan sangat menganggu aktivitas harian, dikhawatirkan mengantuk pada pagi hingga siang hari sehingga tidak bisa produktif melakukan aktivitas harian juga beribadah di bulan penuh berkah. Istirahat memang harus cukup, tak baik berlebihan, kurang istirahat juga jangan.

6. Olahraga? Why not!

Walaupun sedang berpuasa, kita tak boleh bermalas ria ya. Harus tetap semangat dan rajin olah raga, agar tubuh tetap sehat dan bugar. Olah raga di bulan ramadhan pun tak perlu berat-berat. Pilih olah raga ringan, yang tidak memberatkan tubuh, cukup jalan kaki atau bersepeda atau sekedar olah raga bebas yang bisa dilakukan di dalam rumah semacam push up, sit up atau squats. Hal tersebut cukup banget untuk menjaga kondisi tubuhmu tetap sehat. Jalan santai atau bersepeda bisa dilakukan di sore hari, menjelang buka puasa, cukup 10 atau 15 menit saja. Untuk olah raga bebas lainnya bisa dilakukan setelah berbuka puasa, dimana tubuh sudah kembali berenergi. Pun tak harus setiap hari, cukup luangkan waktu 3 hinga 4 kali dalam seminggu.

Bagaimana dengan gaya hidup kalian selama ini? Apakah sudah cukup sehat atau belum. Kalau masih banyak kurangya, mari perbaiki bersama. Selalu terapkan gaya hidup sehat selama Ramadhan, agar tubuh tetap fit dan bisa beraktivitas juga beribadah untuk mamaknai Ramadhan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar