Sabtu, 07 Juni 2014

Otodidak[ku]

Otodidak atau autodidak berasal dari bahasa Yunani autodídaktos yang artinya "belajar sendiri". Penjabaran dari wikipedia menyebutkan bahwa otodidak merupakan orang yang tanpa bantuan guru bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan dasar empiris yang besar dalam bidang tertentu. Mereka mendapatkan pengetahuan tersebut dengan belajar sendiri.

Saya suka melakukan sesuatu yang otodidak, tapi karena terbatas akan fasilitas di masa muda jadi mungkin agak terlambat. Ehmmm, sepertinya agak salah, saya ralat saja, tidak ada sesuatu yang terlambat selama kita mau mencoba dan berusaha dink, hehee

Sebenarnya saya ingin melakukan semua hal sendiri, berkarya akan apapun dengan tangan saya sendiri. KALAU BISA saya ingin menjahit sendiri baju yang saya suka, membuat sepatu yang saya pakai, membuat kain batik dengan motif di angan-angan saya, melukis dinding-dinding rumah sendiri, mempersiapkan undangan pernikahan sendiri kelak dan masih banyak lagi hal-hal yang ingin saya ciptakan dengan tangan saya.

Memang masih banyak hal yang harus saya pelajari, akan tetapi belakangan ini saya mulai bisa menyicil sedikit ilmu sana sini. Ketika saya meiliki sebuah laptop dan ada koneksi internet saya bisa mencari apapun yang ingin saya pelajari. Belajar merajut dari tutorial di Youtube, pola gratis yang tersebar di beberapa web, terkadang mengeksplorasi pola yang ada disesuaikan dengan permintaan customer. Tapi memang sayanya yang masiih kurang praktik, jadi mungkin kemampuannya kurang berkembang.

Belajar mengutak-atik photoshop atau corel draw, walaupun hasilnya juga masih begitu-begitu saja dan masih kurang mengetahui fungsi tiap tool di masing-masing editor photo tersebut. Tapi saya tetap menyukainya. Dan dulu kalau ada acara di kampus, yang mendapat tugas mendesain banner adalah saya. Belajari melipat kertas membentuk sesuatu yang unik dan lucu. Sangat ingin bisa menjahit, akan tetapi belum tersedia fasilitas yang memadai, semoga segera bisa membeli mesin jahit agar bisa mengeksplorasi kemampuan menjahit.

Saya sadar sepenuhnya bahwa usaha saya kurang maksimal, saya belum mempunyai visi misi yang pasti akan setiap proyek yang saya kerjakan, jadi kemampuan saya masih belum terasah dengan baik. Kedepannya saya ingin menghasilkan banyak hal yang bermanfaat bagi saya maupun orang lain di sekitar saya. Amiiin

1 komentar:

  1. tengkyu udah berkunjung mbak, ayo belajar menjahiiit hehe
    aku ndak otodidak sih, sempet les, soalnyabener2 ga ada dasar hehe

    BalasHapus